SKJ SMKN 3 Jogja

Wujud keseriusan untuk membangkitkan semangat berolahraga di seluruh tanah air paling keliatan dengan dicanangkannya Hari Olahraga Nasional pada 9 September 1983, tanggal yang sama dengan penyelenggaraan PON pertama di Solo pada tahun 1948. Kemudian untuk aplikasi nyata ada kampanye Hari Krida, seruan bagi seluruh masyarakat untuk berolahraga di hari Jumat pagi. Himbauan ini diperuntukkan kepada instansi-instansi pemerintah dan masih berlaku sampai saat ini.

Beberapa Guru SMK Negeri 3 Yogyakarta memprakarsai adanya senam di SMKN 3 yang dilaksanakan setiap Jumat Pagi jam 06.30 wib.

Dengan adanya senam ini diharapkan bapak/ibu guru/karyawan kesehatannya lebih terjaga dan juga memasyarakatkan senam seperti yan dicanangkan pemerintah.

Senam Kesegaran Jasmani ini komandani oleh ibu Rita guru Bahasa Inggris.

Inilah gerakan Senam Kesegaran Jasmani :baca lanjut

Latihan Pertama :
– Lari-lari di tempat dalam hitungan 2 x 8
– Lari-lari di tempat, sambil menengokkan kepala ke kiri dan ke kanan dalam hitungan 1 x 8
– Lari-lari di tempat, sambil menundukkan dan menengadahkan kepala dalam hitungan 1 x 8
– Masih lari-lari di tempat, sambil memiringkan kepala ke kiri dan ke kanan dalam hitungan 1 x 8

Latihan Kedua :
– Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar ke kiri
– Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar balik hadap depan
– Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar ke kanan
– Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar balik hadap depan

Latihan Ketiga :
– Kaki rapat, lutut ditekuk, badan condong ke depan, tangan lurus ke bawah
– Putar kedua tangan ke depan, atas, belakang, bawah dalam satu hitungan, dua kali putaran
– Hitungan ke dua tangan berhenti di depan,
– Putar kedua tangan sebaliknya, ke bawah, belakang, atas depan, dua kali putaran.
– Lakukan dalam 2 x 8 hitungan.

Latihan Keempat :
– Buka kedua kaki selebar bahu, letakkan tangan di depan dada dengan telapak tangan menghadap ke bawah
– Sentakkan siku dan lengan ke belakang kanan dan kiri. Lakukan 2 kali sentakan
– Angkat kedua tangan keatas, tarik badan ke belakang 2 kali
– Lakukan dalam 2 x 8 hitungan

Latihan Kelima :
– Buka kaki lebih lebar, rentangkan kedua tangan lurus ke samping
– Ayunkan tubuh ke bawah, sehingga tangan kanan yang tetap lurus menyentuh ujung kaki kiri
– Kembali ke posisi tegak
– Ayunkan lagi tubuh ke bawah, kali ini tangan kiri yang menyentuh ujung kaki kanan
– Kembali tegak
– Lakukan 2 x 8 hitungan

Latihan Keenam :
– Tutup rapat kedua kaki, bungkukkan badan dengan tangan lurus ke bawah
– Dorong badan membungkuk lebih dalam, angkat lagi, bungkukkan lagi
– Tegakkan tubuh dengan tangan di pinggang, sentakkan badan dan kepala dua kali ke belakang
– Lakukan 2 x 8 hitungan

Latihan Ketujuh :
– Lompat sambil membuka kaki lebar, dan menepukkan kedua tangan lurus di atas kepala
– Lompat sambil menutup rapat kedua kaki, dan menurunkan tangan menepuk sisi kiri dan kanan badan
– Lakukan 2 x 8 hitungan

Latihan Kedelapan (ambil nafas):
– Kaki dibuka selebar bahu, posisi tangan lurus ke bawah
– Sambil menarik nafas, tarik perlahan-lahan kedua tangan yang tetap lurus ke depan, ke atas kepala, lalu ke samping lurus.
– Sambil menghembuskan nafas, angkat tangan yang lurus ke samping kembali ke atas kepala,
– Lalu bersamaan tangan ke depan badan ikut membungkuk, hingga akhirnya tangan berada di bawah dan badan membungkuk penuh
– Kembali ke posisi tegak
– Dilakukan dalam 4 x 8 hitungan

dari berbagi sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: