Integrated Career Day 2011 SMKN 3 Yogyakarta : Online Enterpreneurship, Peluang Baru Lulusan SMK

  YOGYA (KRjogja.com) – Lulusan SMK tak hanya memiliki peluang untuk bisa langsung bekerja atau melanjutkan kuliah. Namun justru keduanya bisa dijalankan secara bersamaan dengan wirausaha mandiri via internet atau online enterpreneurship.

Konsep mengenai online enterpreneurship inilah yang coba dimotivasikan pada siswa di SMKN 3 Yogyakarta dalam kegiatan Integrated Career Days 2011. Konsep tersebut diangkat karena dianggap sebagai peluang yang sangat menjanjikan bagi lulusan SMK untuk bisa kreatif mengelola dunia usaha sekaligus tetap bisa melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Humas kegiatan Career Days, Faiz Mudhokhi S.Pd mengungkapkan, image lulusan SMK selama ini hanya diidentikkan untuk langsung bekerja. Padahal tak sedikit dari mereka juga ingin melanjutkan kuliah. Bisnis wirausaha online inilah solusi untuk menjawab tantangan tersebut.

“Lewat dunia online, lulusan SMK bisa menjual produk hasil karyanya via internet. Ini tidak akan mengganggu kegiatan mereka di bangku kuliah. Sehingga keduanya bisa dijalankan dengan baik. Mereka bisa melakukan kegiatan jual beli produk lewat kaskus atau social networking,” ujarnya di SMKN 3 Yogyakarta, Kamis (21/4).

Selain memperkenalkan berbagai trik dunia kerja, lanjutnya, kegiatan ini juga memberikan berbagai pengetahuan bagi siswa SMK terkait pembekalan dunia kerja termasuk pengetahuan mengenai undang-undang ketenagakerjaan. Peserta juga diberikan materi oleh pelaku bisnis online untuk memotivasi semangat kreativitas.

“Kami mengundang kaskuser yang telah berhasil menjalankan bisnis dunia online. Siswa lulusan SMK bisa mulai mengolah diri untuk menghasilkan inovasi produk yang bisa mereka jual sekaligus tetap bisa berkuliah,” katanya.

Career days ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan di SMKN 3 Yogyakarta dengan melibatkan beberapa pelaku usaha, perusahaan maupun praktisi dari perguruan tinggi negeri dan swasta. Acara kali ini difokuskan untuk siswa kelas 3 yang berjumlah sekitar 720 siswa dari berbagai program keahlian seperti otomotif, teknik permesinan, gambar bangunan dan lainnya. (Ran)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: